Manfaat Memahami Semua Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi

Pemahaman mengenai surat dan cara pembuatannya adalah suatu hal yang sangat diperlukan bagi masyarakat bernegara. Apa pun itu profesinya pasti tidak lepas dengan hal yang berhubungan dengan surat. Tidak sedikit juga dari orang yang mencari contoh surat untuk bisa menulis dengan baik dan benar. Jenis surat ini juga bermacam-macam, yaitu seperti resmi dan tidak resmi.

www.suratresmi.net

Untuk surat resmi ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan hal penting. Namun sebenarnya semua surat itu bersifat penting. Tapi yang resmi ini sifatnya adalah formal dan pengesahan terhadap suatu hal. Sebagai contoh dari surat resmi adalah sebagai berikut:

  • Surat Panggilan. Surat ini ditujukan kepada seseorang yang telah melanggar aturan dalam perusahaan, dan dipanggil untuk datang ke kantor. Surat ini biasanya juga digunakan untuk memanggil calon karyawan baru untuk bekerja di perusahaan.
  • Surat Tanda Terima. Surat ini yang sering digunakan oleh badan usaha, organisasi tertentu, instansi pemerintahan dan lain-lainnya. Baik itu untuk menerima barang, uang, dokumen dan hal lain.
  • Surat Resign Kerja. Ketika Anda sudah bosan kerja disuatu perusahaan, maka pastinya akan memerlukan surat resign atau pengunduran diri ini.
  • Surat Dinas. Surat dinas ini bisa digunakan untuk keperluan internal dan external. Tujuan pembuatan surat ini juga berbeda-beda dan tidak hanya fokus ada satu macam tema saja. Biasanya, surat dinas ini digunakan untuk undangan rapat, penawaran perusahaan, pemberitahuan dan lain-lainnya.

Itulah dua contoh surat resmi yang kerap dipakai oleh masyarakat. Dalam semua isi surat resmi ini harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau formal. Sedangkan untuk surat tidak resmi bisa dicampur dengan bahasa santai, sebagai contohnya saja adalah dengan surat:

  • Surat Undangan Pernikahan. Anda bisa meminta kepada tukang cetak undangan mengenai isi dan desain undangan.
  • Surat Pribadi untuk Sahabat. Surat ini bisa ditulis dengan cara Anda sendiri.
  • Surat Pembaca. Biasanya surat ini disebarkan melalui media tertentu untuk dibaca secara umum, seperti dengan lingkungan masyarakat dan sekolahan.
  • Surat Cinta. Dikarenakan sekarang ini sudah banyak media sosial untuk bertelekomunikasi, maka surat cinta ini biasanya terselipkan di dalam kado hadiah.

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai contoh surat resmi dan tidak resmi. Untuk contoh yang lebih banyak lagi, Anda bisa mencari dan mempelajari lebih lengkapnya di https://www.suratresmi.net/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *