Sifat dan Pengertian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Pertama kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang mempunyai waktu untuk regenerasi sangat lama bahkan ada yang tidak dapat beregenerasi sama sekali. Karena hal inilah jika sumber daya alam ini telah habis digunakan, maka tentu saja tidak bisa dipakai kembali dalam jangka waktu yang lama.

insanpelajar.com

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini juga sering disebut dengan non renewable resource. Contoh dari jenis sumber daya alam jenis ini adalah bahan bakar fosil, logam tambang serta mineral dan ada beberapa jenis air akuifer tertentu.

Sumber daya alam seperti kayu dan binatang juga bisa dikategorikan ke jenis sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui bila pemakaiannya sudah melebihi kapasitas regenerasinya. Oleh sebab itu, manajemen dari sumber daya alam ini sangat penting karena bisa menggolongkan bahwa sumber daya alam ini bisa diperbarui atau tidak.

Dari pengertian diatas, tentu kita sudah dapat menarik kesimpulan tentang sifat apa saja yang dimiliki oleh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini. sifat dari jenis sumber daya alam ini sebagai berikut:

  •         Jika terus dipakai jumlahnya akan semakin berkurang.
  •         Tidak bisa melakukan regenerasi dengan cepat di alam bebas.

Dua sifat tersebut merupakan sifat pertama dari jenis sumber daya alam ini. Yang sudah kita tahu semua jenis sumber daya alam akan mengalami pengurangan jumlahnya saat dipakai. Lalu sifat kedua dari jenis sumber daya alam non renewable ini adalah tidak bisa melakukan regenerasi dengan cepat di alam bebas dengan cara alami. Bahkan ada beberapa sumber daya alam non renewable ini yang tidak dapat beregenerasi sama sekali. Yang membuat sumber daya alam ini jika sudah habis tidak akan dapat dibuat kembali secara alami oleh bumi.

Jenis sumber daya alam ini umumnya berbentuk logam, bahan bakar fosil dan mineral. Contoh sumber daya alam logam emas memerlukan proses yang kompleks pada inti supernova yang bersuhu sangat tinggi untuk bisa membentuknya. Keadaan seperti ini tentu tidak bisa kita jumpai di bumi, sehingga membuat logam satu ini semakin hari semakin langka.

Kesimpulannya bahwa bila regenerasi sumber daya alam itu lebih lambat daripada laju penggunaannya amak sumber daya alam tersebut bisa dikategorikan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *